DR. Yudi Krismen US S.H M.H : Pemuda, Pendidikan Karakter dan Globalisasi

PEKANBARU – Bertepat pada hari ini tanggal 28 Oktober, Bangsa Indonesia telah memperingati peristiwa penting dalam berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Hari Sumpah Pemuda, pada Minggu (28/10/2018).

Hal ini sama disampaikan oleh DR. Yudi Krismen US S.H.,M.H, selaku Dosen S2 Universiras Islam Riau (UIR), “sebagaimana generasi pemuda tercatat dalam sejarah, kita bisa melihat pada 28 Oktober 1928 terlaksana kongres pemuda yang menjadi pemicu lahirnya “Sumpah Pemuda sampai akhirnya Indonesia menjadi sebuah Negara merdeka.

Menurutnya, kita dapat melihat sejarah negara-negara di dunia, ada banyak fakta bahwa pemuda adalah elemen utama yang melahirkan momen-momen penting dalam sejarah peradaban manusia dari masa yang lampau hingga ke masa kini.

” Dalam setiap kebangkitan sebuah peradaban di dunia, kita akan menjumpai bahwa pemuda adalah ujung tombak kebangkitan tersebut, Ujar pria lulusan S3 dari Padjadjaran Bandung.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan bangsa adalah kualitas pendidikan, pendidikan dan pemuda terkait sangat erat . Oleh karena itu pendidikan harus menjadi prioritas dalam pembangunan bangsa, dan penitikberatan perhatian untuk membenahi pendidikan bangsa, menjadi hal yang krusial dalam menunjang kemajuan bangsa.

Pendidikan bagi generasi muda sangatlah penting, karena mereka merupakan pondasi bangsa dan sekaligus sebagai agent of change yang diharapkan mampu tampil untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang telah dirintis oleh founding fathers.

Dalam zaman yang terus menerus bergerak ke arah globalisasi, ilmu pengetahuan merupakan senjata terbaik yang bisa digunakan untuk berkompetisi secara sehat dengan bangsa lain.

Pemuda adalah generasi penerus, yakni calon pemimpin negara dan bangsa masa depan. tanpa adanya karakter yang kuat di antara para pemuda, maka negeri ini akan memiliki resiko yang besar di masa yang akan datang.

Oleh karena itu perlu dibangun karakter atau watak yang kuat di kalangan pemuda sebagai jaminan masa depan bangsa dan negara kita, Indonesia Raya.

 

Penulis : Habiburrahman

Editor : zikri a.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *